Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Close

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Close

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close

Cara Menghilangkan Karat pada Pisau dengan Mudah

Pisau Berkarat

Sumber: tribunnews.com

 

Peralatan dapur yang terbuat dari logam sangat rawan berkarat apabila tidak dirawat dengan baik. Salah 1 nya adalah pisau. Padahal pisau merupakan alat yang cukup sering digunakan di dapur, sehingga perlu diperhatikan cara-cara merawatnya ( baca: Cara Merawat Pisau Agar Tidak Mudah Berkarat ). Lantas bagaimana jika pisau di rumah ada yang sudah terlanjur berkarat? Jangan khawatir, berikut ada cara menghilangkan karat pada pisau dengan mudah. Seperti apa caranya??

  1. Lemon
    Cara menghilangkan karat pada pisau
    yang pertama yaitu menggunakan lemon. Kandungan asam dari lemon terbukti dapat menghilangkan karat pada pisau. Caranya dengan mencampurkan lemon dengan air, lalu taburkan garam secukupnya pada permukaan pisau yang berkarat dan kemudian rendam pisau berkarat tersebut kedalam cairan lemon tadi selama 15-30 menit. Setelah itu gosok karat menggunakan penggosok aluminium ataupun spons kasar. Jika karat sudah hilang, Anda dapat membilasnya hingga bersih, mengeringkannya, dan menyimpannya di rak piring. Jika tidak ada lemon, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis.

  2. Cuka
    Cuka merupakan cairan asam rumah tangga yang tidak beracun. Cara menggunakannya adalah dengan merendam pisau dalam cuka semalaman, namun untuk hasil lebih baik Anda dapat merendamnya sehari semalam. Lalu kikislah karat pada keesokan harinya dengan cara mencelupkan penggosok aluminium foil ke dalam cuka lalu gosok pisau hingga karat terkikis. Menggunakan cuka sari apel lebih efektif untuk mengatasi karat pada pisau dibandingkan menggunakan cuka putih. Jika sudah bersih, bilas dan cuci seperti biasanya. Pisau siap digunakan kembali.

  3. Kentang
    Cara menghilangkan karat pada pisau yang ketiga yaitu menggunakan kentang. Kentang mengandung asam oksalat yang efektif untuk menghilangkan karat. Ada 2 cara menghilangkan karat dengan kentang yang dapat Anda lakukan.

    Cara 1: Tusukkan pisau berkarat pada kentang. Pastikan bagian pisau yang berkarat masuk kedalam daging kentang. Lalu diamkan seharian atau semalaman. Selanjutnya, lepaskan pisau dari kentang dan gosok karat yang menempel pada pisau. Cara pertama ini cocok dilakukan untuk menghilangkan karat pada peralatan yang berukuran kecil seperti pisau/cutter.

    Cara 2: Belahlah kentang menjadi 2 bagian. Kemudian taburkan soda kue tepat pada sisi dalam dari belahan kentang. Gunakan sisi yang sudah ditaburi soda kue tadi untuk menggosok bagian pisau yang berkarat dengan kuat. Kemudian, ambilah spons kasar atau sabut baja untuk menggosong karat pada pisau hingga bersih.

Setelah karat hilang, bilas pisau Anda dengan air bersih lalu cuci kembali seperti biasa. Ingatlah untuk selalu mengeringkan pisau hingga benar-benar kering sebelum disimpan atau ditaruh pada rak piring.

Terimakasih sudah mampir di artikel Cara Menghilangkan Karat pada Pisau dengan Mudah.

Share:

Related Post