Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Close

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Close

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close

Cara Merawat Pisau Agar Tidak Mudah Berkarat

Pisau Dapur

Sumber: dapurmodern.org


Pisau merupakan salah 1 alat yang wajib ada di dapur. Dengan pisau kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas di dapur mulai dari mengiris bawang, memotong buah, sayur, daging, dan masih banyak lagi. Namun, sekarang ini tidak sedikit orang yang mengetahui bagaimana cara merawat pisau agar tidak mudah berkarat. Hal ini cukup penting, karena jika salah dalam perawatan, ketika kita ingin memakai pisau, keadaan pisau sedang tidak siap pakai entah karena kotor membandel atau bahkan berkarat. Padahal, jika kita mau rajin sedikit, merawat pisau tidak serepot membersihkan noda pada pisau. Lantas bagaimanakah cara merawat pisau agar tidak mudah berkarat? Yuk ikuti beberapa tips berikut.

  1. Cuci pisau setelah digunakan
    Pisau hendaknya langsung dicuci setelah selesai digunakan. Hal ini bertujuan menghilangkan sisa-sisa noda, getah sayuran atau darah yang jika tidak segera dihilangkan akan semakin membandel.

  2. Lap pisau sampai kering
    Jika pisau sudah dicuci, hendaknya langsung dilap hingga kering sebelum disimpan. Karena jika tidak, pisau jadi lebih mudah berkarat apabila dalam keadaan basah.

  3. Simpan pisau ditempat yang kering
    Simpanlah pisau  dalam keadaan benar-benar kering serta tempat penyimpanan juga harus kering. Posisikan mata pisau berada di bawah dan gagang di atas. Lapisi seluruh bagian pisau keduali gagang dengan tisu kering ganti tisu tersebut secara berkala jika jarang digunakan.

  4. Asah pisau jika sudah tumpul.
    Jika pisau tumpul, maka sebaiknya digosok dengan batu, dan sering-sering digunakan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat pada Pisau dengan Mudah

Share:

Related Post

Comments