Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Close

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Close

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close

Cara Mudah Memilih Alpukat yang Matang

Cara Mudah Memilih Alpukat yang Matang

Sumber: manfaatbuahdaun.com

Siapa sih yang belum pernah makan alpukat?

Di Indonesia, buah yang satu ini cukup terkenal khususnya sebagai jus. Rasanya yang nikmat serta warna yang khas membuat buah ini cukup mudah untuk dikenali. Nama ilmiah dari buah alpukat adalah Persea americana.

Alpukat merupakan salah 1 buah yang memiliki profil nutrisi tinggi serta memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun yang perlu diketahui, buah yang 1 ini adalah buah yang tidak bisa matang di pohon. Maka dari itu, gampang-gampang susah untuk memilih alpukat yang matang ketika membeli. Dan berikut ada cara mudah memilih alpukat yang matang.

  1. Pilih Kulit Buah yang Berwarna Hijau Tua atau Gelap
    Alpukat merupakan buah yang tidak bisa matang di pohon, sehingga buah ini harus dipetik dari pohon dan disimpan sampai matang. Ketika dipetik dari pohon, alpukat memiliki warna hijau cerah dan kulit yang mulus. Hindari buah yang berwarna hijau cerah, karena buah ini pasti belum matang. Jadi pilihlah buah dengan warna hijau tua/gelap karena besar kemungkinan sudah diperam dan sudah matang.

  2. Tekstur buah
    Salah satu tanda buah yang sudah matang adalah teksturnya yang sudah empuk. Jadi ketika ingin memilih alpukat matang, coba tekan daging buahnya. Apabila sudah empuk artinya alpukat sudah matang. Usahakan untuk menekan beberapa bagian alpukat untuk memastikan buah ini sudah benar-benar matang. Pada beberapa buah, tekstur yang empuk bukan disebabkan buah sudah matang, melainkan karena adanya memar atau bagian buah yang busuk. Karena itulah Anda harus menekan buah di semua sisinya.

     


  3. Kupas kulit buah
    Jika memungkinkan, coba kupas sedikit kulit buah. Jika mudah dikupas berarti buah ini sudah matang. Namun, untuk tips yang ketiga ini kecil kemungkinan bisa dilakukan, karena mengupas bisa berarti membeli, hehe.

  4. Biji buah
    Cara yang 1 ini merupakan cara tradisional yang biasa digunakan untuk memilih alpukat yang sudah matang. Biji buah yang sudah matang akan terlepas dari daging buahnya (tidak menempel). Lantas bagaimana cara mengetahui apakah biji buah menempel atau tidak dengan tanpa memotong buahnya lebih dulu? Goyangkan saja buahnya, jika biji buah tidak menempel biasanya akan terdengar bunyi biji di dalam buahnya. Selain itu buah matang juga akan terasa lebih ringan dibanding yang masih mentah.

  5. Bagian bawah buah
    Ketika memilih alpukat, cobalah untuk memperhatikan bagian bawah, tempat tumbuhnya bagian batang alpukat. Jika masih ada sedikit sisa batang buah, petik saja batang ini dan teliti bagian dalam buah melalui "lubang" yang ditinggalkan. Jika lubang ini sudah berwarna hijau, artinya alpukat sudah matang. Kalau masih berwarna coklat, maka alpukat belum matang.

(Dari berbagai sumber)

Share:

Related Post

Comments